Perlukah Anak Mendapatkan Vaksin Covid 19?

Vaksinasi dilakukan untuk mengurangi dampak dari infeksi sebuah virus. Tubuh yang sudah divaksinasi akan mengenali virus yang berasal dari vaksin tersebut. Sehingga, saat tubuh terinfeksi dengan virus yang sama, tubuh akan membentuk sebuah penangkal atau kekebalan dari dampak virus tersebut.

Virus bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, baik dewasa maupun anak-anak. Seperti halnya virus Covid-19, virus ini juga dapat menyerang anak-anak. Kasus penyebaran virus Covid-19 yang tinggi di Indonesia membuat pemerintah mewajibkan semua orang untuk melakukan vaksinasi, tidak terkecuali anak-anak.

Program Vaksin Covid-19 pada Anak

Pemberian vaksin Covid-19 pada anak secara resmi dilakukan pertama kali pada tanggal 14 Desember 2021. Kegiatan vaksinasi tersebut tidak dilakukan serentak seluruh Indonesia. Pemerintah melakukan pemberian vaksin Covid-19 pada anak secara bertahap.

Vaksin Covid-19 anak diberikan kepada anak dengan rentan usia 6 – 11 tahun. Tidak semua anak dengan rentan usia tersebut dapat menerima vaksin Covid-19. Anak dengan kondisi penyakit khusus disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak sebelum vaksinasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang berbahaya bagi anak itu sendiri.

Program vaksin ini sama seperti program imunisasi anak. Vaksin yang diberikan kepada anak terjamin aman karena sudah melalui uji klinis. Selain itu, vaksin Covid-19 pada anak juga telah mengantongi izin dari BPOM.

Efek Samping Pemberian Vaksin Covid-19 pada Anak

Efek samping dari pemberian vaksin Covid-19 pada anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Secara umum, reaksi ringan yang ditimbulkan dari vaksinasi seperti rasa nyeri, merah, sakit kepala, demam, bengkak pada tempat suntikan, dan mual.

Apabila anak merasakan gejala yang membuatnya tidak nyaman, maka mintalah anak untuk beristirahat. Jika tubuh terasa demam, segera berikan obat penurun panas dengan dosis yang tepat. Anak juga diminta untuk memperbanyak minum air putih. Jika bekas tempat suntikan membengkak, Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengompres pada bagian yang bengkak dan nyeri.

Bagi Anda para orang tua, jangan takut untuk memberikan vaksin Covid-19 pada anak. Vaksinasi merupakan upaya dari orang tua untuk memberikan perlindungan kepada anak dari penyebaran virus Covid-19. Semoga pandemi dapat segera berakhir dan anak-anak bisa bersekolah dan beraktivitas dengan nyaman.