Menghadirkan BMW i Vision Dee. Debut Warna E-Ink

+++ BMW Mixed Reality Slider: ke dunia maya dalam lima langkah. +++ BMW Head-up-Display canggih di NEUE KLASSE mulai tahun 2025. +++ Teknologi E Ink penuh warna memungkinkan hingga 32 warna. +++

5 Januari 2023



Munchen/Las Vegas. BMW Group membagikan visinya tentang pengalaman digital masa depan, baik di dalam maupun di luar kendaraan, di Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas. BMW i Vision Dee adalah sedan mid-size futuristik dengan bahasa desain baru dan sederhana. Nama “Dee” berdiri untuk Pengalaman Emosional Digital – dan itulah tujuannya: untuk menciptakan ikatan yang lebih kuat antara orang dan mobil mereka di masa mendatang. Fungsi digital masa depan akan jauh melampaui tingkat kontrol suara dan sistem bantuan pengemudi yang kita kenal saat ini. BMW Head-Up-Display membentang sepanjang lebar kaca depan, memberikan gambaran sekilas tentang generasi kendaraan berikutnya. Mulai tahun 2025 dan seterusnya, inovasi ini akan tersedia dalam model NEUE KLASSE. BMW Group juga menyempurnakan penggunaan teknologi perubahan warna. Setelah meluncurkan BMW iX Flow Menampilkan E Ink, dengan kemampuan untuk berubah dari hitam menjadi putih, pada CES terakhir, BMW i Vision Dee kini dapat mengkurasi eksteriornya hingga 32 warna.

“Dengan BMW i Vision Dee, kami menampilkan apa yang mungkin terjadi saat perangkat keras dan perangkat lunak digabungkan. Dengan cara ini, kami dapat memanfaatkan sepenuhnya potensi digitalisasi untuk mengubah mobil menjadi pendamping yang cerdas. Itu adalah masa depan bagi pabrikan otomotif – dan, juga, bagi BMW: perpaduan pengalaman virtual dengan kenikmatan berkendara sejati,” kata Oliver Zipse, Ketua Dewan Manajemen BMW AG. “Pada saat yang sama, BMW i Vision Dee merupakan langkah lain menuju NEUE KLASSE. Dengan visi ini, kami melihat jauh ke masa depan dan menggarisbawahi pentingnya digitalisasi yang luar biasa untuk generasi produk kami yang akan datang.”

Dengan kemampuannya yang cerdas dan hampir seperti manusia, BMW i Vision Dee menemani pengemudi tidak hanya melalui situasi kehidupan nyata di jalan raya, tetapi juga dalam lingkungan digital mereka.

“BMW hidup dengan kinerja digitalnya yang tak tertandingi. BMW i Vision Dee adalah tentang integrasi sempurna antara pengalaman virtual dan fisik,” kata Frank Weber, anggota Dewan Manajemen BMW AG yang bertanggung jawab untuk Pengembangan. “Siapa pun yang unggul dalam mengintegrasikan dunia digital sehari-hari pelanggan ke dalam kendaraan di semua tingkatan akan berhasil menguasai masa depan pembuatan mobil.”

BMW Mixed Reality Slider: ke dunia maya dalam lima langkah
BMW Mixed Reality Slider, dikombinasikan dengan Head-up Display yang canggih, adalah sorotan digital dan kontrol pengoperasian pusat dari BMW i Vision Dee. Menggunakan sensor shy-tech pada panel instrumen, pengemudi dapat memutuskan sendiri berapa banyak konten digital yang ingin mereka lihat pada Head-Up Display yang canggih. Pilihan lima langkah berkisar dari analog, hingga informasi terkait mengemudi, hingga konten sistem komunikasi, hingga proyeksi augmented-reality, hingga masuk ke dunia virtual. Secara paralel, jendela yang dapat diredupkan juga dapat digunakan untuk menghilangkan realitas secara bertahap. Realitas campuran dapat dialami di BMW i Vision Dee dengan cara imersif yang melibatkan indra berbeda tanpa memerlukan alat tambahan apa pun, menciptakan dimensi baru kenikmatan berkendara bagi pengguna.

BMW Head-Up-Display Canggih: di NEUE KLASSE mulai 2025
BMW Group dikenal di sektor otomotif sebagai perintis Head-Up-Display dan telah menyempurnakan teknologi ini secara sistematis selama dua dekade terakhir. Di BMW i Vision Dee, proyeksi di seluruh lebar kaca depan memungkinkan informasi ditampilkan pada permukaan seluas mungkin – yang hanya dapat dikenali sebagai tampilan setelah diaktifkan. Dengan cara ini, BMW Group mendemonstrasikan potensi besar dari teknologi proyeksi dan BMW i Vision Dee memvisualisasikan bagaimana Head-Up-Display canggih juga dapat digunakan di masa depan untuk tampilan dan konsep pengoperasian. Versi produksi standar dari BMW Head-up-Display yang membentang sepanjang lebar kaca depan akan digunakan dalam model NEUE KLASSE mulai tahun 2025 dan seterusnya.

Skenario selamat datang dengan ikon suara dan fisik
Pengalaman digital sudah dimulai di luar kendaraan, dengan skenario sambutan yang dipersonalisasi yang menggabungkan elemen grafis, efek cahaya dan suara. Bahasa alami berfungsi sebagai bentuk interaksi yang paling sederhana dan paling intuitif, memungkinkan pemahaman yang sempurna antara manusia dan kendaraannya. Lampu depan dan gril ginjal BMW yang tertutup juga membentuk ikon phygital (perpaduan fisik dan digital) yang sama pada permukaan yang seragam, memungkinkan kendaraan menghasilkan ekspresi wajah yang berbeda. Ini berarti BMW i Vision Dee dapat berbicara dengan orang dan, pada saat yang sama, mengekspresikan suasana hati seperti kegembiraan, keheranan, atau persetujuan secara visual. BMW i Vision Dee juga dapat memproyeksikan gambar avatar pengemudi ke jendela samping untuk lebih mempersonalisasi skenario penyambutan.

Penayangan perdana dunia untuk teknologi E Ink penuh warna
Menyusul debut spektakuler BMW iX Flow Menampilkan E Ink di CES 2022, BMW Group kini meluncurkan versi penuh warna dari teknologi E Ink di BMW i Vision Dee yang akan digunakan sebagai kulit luar kendaraan untuk pertama kali di seluruh dunia.

BMW i Vision Dee, bukan hanya berganti-ganti antara hitam dan putih, kini menampilkan eksterior multi-warna, variabel penuh, dan dapat dikonfigurasi secara individual. Film ePaper dari mitra kerja sama BMW Group, E Ink, diaplikasikan pada bodi untuk menciptakan tampilan warna yang ajaib ini. Hingga 32 warna dapat ditampilkan.

Permukaan bodi BMW i Vision Dee terbagi menjadi segmen 240 E Ink yang masing-masing dikontrol secara individual. Hal ini memungkinkan variasi pola yang hampir tak terbatas dihasilkan dan bervariasi dalam hitungan detik. Proses pemotongan laser yang digunakan untuk memangkas film dan desain kontrol elektronik dikembangkan dalam kemitraan dengan E Ink. Adaptasi teknologi ini untuk permukaan melengkung dan pemrograman animasi, dikembangkan oleh para insinyur internal BMW Group – memungkinkan suatu bentuk yang memungkinkan suatu bentuk kustomisasi yang unik di seluruh sektor otomotif di seluruh dunia.

Desain reduktif – luar dan dalam
Desain BMW i Vision Dee sengaja dikupas untuk memusatkan perhatian pada pengalaman digital dan DNA merek BMW. Eksteriornya ditentukan oleh desain sedan tiga kotak klasik yang menjadi inti dari merek BMW. Elemen desain tradisional, seperti gril ginjal BMW, lampu depan kembar melingkar, dan ketegaran Hofmeister, ditata ulang, dengan ikon phygital menggantikan elemen analog. Ini memberi BMW i Vision Dee karakter digitalnya sendiri, tetapi manusiawi.

Di dalam, digitalisasi berjalan seiring dengan penggunaan material yang reduktif, kontrol pengoperasian, dan tampilan untuk memastikan tidak ada yang mengganggu pengalaman digital dan perasaan baru kenikmatan berkendara yang lebih baik. Desain roda kemudi yang tidak konvensional, dengan jari-jari vertikal tengahnya, menciptakan titik sentuh yang menjadi hidup saat didekati atau disentuh dan dapat dioperasikan dengan menggerakkan ibu jari. Titik sentuh phygital ini mengontrol pemilihan konten yang diproyeksikan ke kaca depan dan, bersama dengan Head-Up Display, mendukung prinsip “tangan di atas kemudi, mata di jalan”.

“Dengan BMW i Vision Dee, kami menunjukkan bagaimana mobil dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam kehidupan digital Anda dan menjadi pendamping yang dapat dipercaya. Kendaraan itu sendiri menjadi portal Anda ke dunia digital – dengan pengemudi selalu memegang kendali,” kata Adrian van Hooydonk, kepala BMW Group Design. “Diimplementasikan dengan cara yang benar, teknologi akan menciptakan pengalaman yang berharga, menjadikan Anda pengemudi yang lebih baik, dan mendekatkan manusia dan mesin.”

Tonggak sejarah lainnya dalam perjalanan menuju NEUE KLASSE
Masa depan BMW Group adalah listrik, sirkular, dan digital. BMW i Vision Dee mewakili aspek digital dari trio ini dan akan menjadi tonggak sejarah lainnya menuju generasi kendaraan berikutnya, NEUE KLASSE. BMW Group akan memberikan wawasan dan gambaran lebih lanjut tentang konsep kendaraan revolusioner NEUE KLASSE selama tahun 2023.

VIDEO