Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon 550D

Jika berbicara kamera, brand Canon adalah satu di antara banyaknya brand yang kerap kali memunculkan tipe-tipe baru. Canon kerap mengeluarkan kamera-kamera canggih terbaru, salah satunya adalah Canon 550D. Canon 550D memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Kelebihan Canon 550D

Tipe kamera Canon 550D diketahui diluncurkan sebagai upgrade dari Canon 500D. Hal ini tentu terbukti dari adanya beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tipe ini. Berikut rangkumannya untuk Anda.

1.      Tangkapan Gambar Lebih Alami

Gambar yang dihasilkan oleh Canon 550D memiliki tampilan yang lebih baik dari segi pencahayaan, warna, hingga kontras. Sehingga, menampilkan gambar yang terlihat lebih alami.

Hal ini tentu karena Canon 550D telah dilengkapi dengan prosesor DIGIC 4 dan sensor CMOS 18 MP yang membuat tangkapan gambarnya sangat bagus.

2.      Sensor Sensitif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Canon 550D dilengkapi dengan sensor CMOS 18 MP dan prosesor DIGIC 4 yang tidak hanya meningkatkan kualitas gambar tapi juga membuat sensor kamera lebih sensitif.

Dengan fitur tersebut, Canon 550D dapat menangkap gambar dengan baik saat terang maupun gelap, serta merekam dengan resolusi 1080p sampai 30 fps.

3.      Auto-Focus 9 Titik

Selain fitur di atas, Canon 550D juga dilengkapi dengan fitur bernama Auto-Focus 9 Titik. Sehingga, Anda bisa mengunci titik mana yang akan Anda fokuskan dan memperkecil kemungkinan blur saat mengambil gambar. Anda juga tidak akan mudah kehilangan fokus saat merekam.

4.      Terdapat Mikrofon Stereo

Kelebihan lainnya dari kamera Canon tipe ini adalah adanya mikrofon stereo yang menangkap suara saat perekaman dengan lebih jelas. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan mikrofon eksternal saat merekam di dalam ruangan. Mikrofon eksternal mungkin bisa Anda pakai hanya saat di luar ruangan saja.

Kekurangan Canon 550D

Meskipun terdapat banyak sekali kelebihan, tapi ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari tipe Canon 550D ini seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1.      Belum Menggunakan Layar Putar

Tidak hanya untuk kebutuhan fotografi, kamera kini juga digunakan untuk kebutuhan vlog. Dalam membuat vlog, adanya fitur layar putar atau layar flip akan sangat membantu penggunanya. Sayang sekali fitur ini tidak ada pada Canon 550D.

2.      Tidak Terdapat WiFi

Saat ini, beberapa kamera telah memiliki fitur Wi-Fi yang akan sangat membantu ketika memindahkan file kamera. Tapi, sayangnya, Canon 550D belum memiliki fitur Wi-Fi.

Sehingga, Anda masih perlu memindahkan file kamera dengan cara mengeluarkan kartu memori kamera dan menghubungkannya ke perangkat laptop atau alat eksternal lainnya.

Itu dia daftar kelebihan dan kekurangan kamera Canon 550D yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya. Apabila Anda merasa tidak ada masalah dengan tidak adanya layar flip dan WiFi, maka Canon 550D bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena Anda bisa menikmati kelebihan-kelebihan di atas.