Advanced M School 2023 @ Thermal Club -Ulasan

BIMMERPOST

Minggu ini saya menghadiri Advanced M School di Thermal Club di California. Ini adalah kedua kalinya saya melakukan program ini, tetapi sudah lebih dari 2 tahun sejak pertama kali saya di sana. Saya tunggakan menulis ulasan pertama kali saya pergi, jadi saya ingin memberikan umpan balik kali ini.

TL; versi DR – Program ini benar-benar fantastis. Jika Anda memiliki kekhawatiran … Jangan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Fasilitasnya luar biasa, instrukturnya adalah beberapa yang terbaik di industri ini. Kamu tidak akan kecewa.

Di era pasca Covid ini beberapa hal telah berubah. Sayangnya, program tersebut tidak lagi menyertakan akomodasi hotel. Mereka telah menurunkan biaya sekolah untuk mengkompensasi perubahan itu, namun, itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Ada berbagai macam hotel untuk dipilih dan BMW Performance School memiliki kode diskon dengan banyak di antaranya dipasang di situs web mereka. Jadi, pilih yang paling cocok untuk Anda.

Mobil yang digunakan untuk program ini adalah M2 (belum generasi terbaru), M3, M4 dan M5.

Hari 1

Saya tiba di Thermal Club sekitar jam 8 pagi dan check in di PCDS. Jika Anda belum pernah ke Klub Termal sebelum Anda benar-benar perlu memeriksanya. Anggap saja sebagai arena pacuan kuda untuk miliarder. Ini adalah klub pribadi tempat BMW menyewa ruang dan mendapatkan akses ke trek mereka untuk beberapa program mereka. The Thermal Club memiliki 3 trek balap terpisah yang dapat dihubungkan bersama untuk membuat beberapa kombinasi sirkuit yang berbeda. Untuk program Lanjutan kami menggunakan Sirkuit Palm Utara dan Sirkuit Desert Palm.

Selain 2 trek balap tersebut, PCDS juga memiliki skid pad sendiri serta trek penanganan yang fantastis. Anggap ini sebagai jalur autocross pada steroid.

Hari dimulai dengan pengenalan selama 30-45 menit dan kursus penyegaran tentang karakteristik penanganan sederhana. Karena ini adalah program lanjutan, ada prasyarat untuk hadir. Anda harus menyelesaikan Sekolah M atau program serupa di luar penawaran BMW.

Program biasanya memiliki 16-18 siswa, tetapi untuk program saya minggu ini hanya ada 8 orang. Ini memberi kami rasio instruktur dan siswa yang luar biasa. Kami dengan cepat dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 siswa. Setelah itu kami kemudian dibagi menjadi 2 kelompok kecil yang terdiri dari 2 orang.

Kami melompat ke M5 dan berjalan ke Sirkuit Palm Utara untuk mengerjakan pengalaman segmen. Instruktur melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk memecah segmen secara bergiliran dan menjelaskan dengan tepat di mana mobil harus berada di setiap sudut. Kami kemudian melatih segmen tersebut beberapa kali, dimulai dengan kecepatan lambat dan secara bertahap bekerja hingga kecepatan balapan penuh. Kami diajari untuk memprioritaskan kecepatan keluar di atas segalanya. Setelah kami menguasai kecepatan keluar, kami menambahkan kecepatan menikung. Setelah kami memiliki kecepatan menikung, kami menambahkan kecepatan masuk.

Setelah sesi ini selesai, kami menghabiskan beberapa waktu di skid pad di M2s. Sebelumnya, latihan ini dilakukan dengan menggunakan M5s. Saya senang kami pindah ke M2 karena menurut saya mereka lebih mudah untuk dilemparkan dan dikendalikan. Pengungkapan penuh di sini… Saya payah saat melayang.

Sebelum keluar ke skid pad, 2 mobil sekaligus, beri kami penyegaran CPR. CPR adalah singkatan dari: Benar, Jeda, Pulihkan. Setelah beberapa sesi di skid pad, saya dapat melakukan drift, mengontrolnya, dan melakukan beberapa putaran terus menerus di sekitar skid pad. Anda mungkin berpikir, “mengapa kita harus menggunakan skid pad untuk program lanjutan”? Jawabannya ada di Hari 2, tetapi saya tidak ingin melewatkannya.

Sesi kami berikutnya adalah di Sirkuit Desert Palm di M4s. Kami fokus pada dua tikungan tajam di ujung paling utara trek. Mereka memodifikasi entri belokan dengan kerucut untuk memaksa kami melakukan penyesuaian ketika jalur yang disukai bukanlah pilihan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengingatkan pengemudi agar fokus pada kecepatan keluar. Anda tidak mendapatkan jalan masuk yang ideal, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melakukan penyesuaian untuk tetap memaksimalkan jalan keluar.

Di beberapa titik di sini kami kembali ke gedung untuk istirahat makan siang. Makanannya enak, tapi jangan makan berlebihan. Minum banyak air juga. Pengerahan tenaga fisik dan mental akan berdampak buruk pada tubuh Anda jika Anda tidak tetap terhidrasi.

Setelah makan siang, rombongan kami pergi ke “danau hitam” yang hanya merupakan area trotoar yang sangat luas. Ada sebuah oval yang diatur dengan kerucut dan di sinilah kami akan melakukan Perlombaan Tikus. Di mobil M2 ditempatkan di sisi berlawanan dari jalan lurus. Ini adalah balapan head to head 3 putaran. Menggunakan gigi 2 dan 3 berfokus pada semua teknik yang telah kita pelajari sebelumnya. MEMAKSIMALKAN KECEPATAN KELUAR. Oh, dan ngomong-ngomong, balapan ini dilakukan dengan full DSC OFF. Jadi, sebaiknya Anda nyaman dengan kendali mobil Anda.

Karena hanya ada 4 orang di grup kami, kami melakukan banyak balapan head to head. Seorang pria dalam kelompok kami sangat menikmati drifting sehingga dia melakukannya di setiap sudut. Hal ini mengakibatkan dia membakar bannya sampai ke kabelnya. Sekarang, ini bukan cara yang disukai untuk melakukan aktivitas, tetapi mereka memiliki banyak mobil cadangan sehingga mereka menukar mobil baru untuknya.

Setelah Perlombaan Tikus, kami kembali ke North Palm Course dan Desert Palm untuk latihan lead/follow lebih lanjut. Kami memutar melalui M4 dan M5.

Pada akhir hari pertama kami kembali ke fasilitas untuk makan malam. Sebelumnya mereka akan mengadakan makan malam bersama di hotel yang disertakan, tetapi dengan perubahan baru sekarang di gedung utama.

Hari ke-2 dibangun berdasarkan pengalaman Hari 1. Lintasan North Palm dan Desert Palm digabungkan menjadi satu sirkuit panjang. Ada beberapa sesi lead/follow dengan instruktur memberikan banyak umpan balik melalui radio. Karena grup kami sangat kecil, kami mendapat banyak perhatian individu. Juga, kelompok kecil kami yang terdiri dari 2 orang diatur ulang. Karena saya dan “raja drift” dari Rat Race memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada 2 orang lainnya di grup kami, kami berkumpul untuk sebagian besar sesi di trek Termal. Sejujurnya, saya tidak keberatan jika pengemudi lain yang sebelumnya di grup saya sedikit lebih lambat. Itu memberi saya banyak waktu untuk fokus pada titik pengereman, puncak, dan garis balap. Namun, saya juga tidak keberatan dengan perubahan itu karena memberi lebih banyak kesempatan untuk melatih keterampilan yang sama dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Selanjutnya kami pergi ke jalur Autocross/Handling. Ini dilakukan di M2s. Anda mulai menggunakan mode MDM karena kursus ini sangat teknis dan juga menggunakan skid pad. Ya, Anda harus berakselerasi keluar dari tikungan melintasi bantalan selip. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menggunakan semua konsep pengendalian mobil yang telah kita pelajari (termasuk apa yang kita pelajari pada skid pad di hari 1). Setelah beberapa putaran, mereka meminta kami berhenti dan sepenuhnya menonaktifkan kontrol traksi. Sekarang kesenangan sesungguhnya dimulai.

Autocross terdiri dari lebih dari 20 sudut. Ini menggunakan skid pad dan area oval yang digunakan untuk Rat Race. Ini juga mengarah ke kompetisi waktunya setelah makan siang.

Jalur autocross sedikit dikonfigurasi ulang saat kami makan. Lampu pengatur waktu dipasang dan “kotak pit” dibuat di garis finis. Tujuannya adalah untuk menetapkan waktu tercepat pada autocross, tetapi Anda harus benar-benar berhenti di dalam pitbox pada akhir lari Anda atau penalti akan diterapkan. Bergantung pada tingkat keahlian orang-orang di grup Anda, kompetisi bisa jadi cukup bagus. Saya akhirnya menetapkan putaran tercepat pada percobaan ke-3 atau ke-4 (ingat, kami hanya memiliki 4 orang di grup kami sehingga kami memiliki lebih banyak putaran sehingga kami tahu apa yang harus dilakukan). Tertawa terbahak-bahak

Pada beberapa upaya saya berikutnya, saya akan mencoba menyesuaikan zona pengereman untuk menghabiskan lebih banyak waktu. Saya berputar dua kali melalui skid pad (hei, ini adalah tempat untuk membuat kesalahan). Beberapa mobil lain berputar ke tanah juga. Ketika seseorang berputar, semuanya berhenti total. Keselamatan adalah prioritas tertinggi. Untungnya, hanya ada kerusakan ringan dan mobil pengganti ada di mana-mana.

Kemudian ada kursus yang lebih lengkap lagi di trek besar di M3 dan M5. M2 tidak digunakan di trek besar karena tidak memiliki CCB. Saat berada di M3, M4, dan M5 di trek besar, Anda harus membiarkan kontrol traksi tetap aktif. Ini adalah aturan Termal dan tidak dapat dinegosiasikan. Namun, Anda dapat menggunakan mode Lacak penuh di dalam mobil untuk mematikan semua pengasuh lainnya.

Pikiran tentang mobil: Saya sangat menyukai waktu di M2s. Mereka adalah ledakan total untuk dikendarai di jalur yang ketat itu dan saya masih lebih suka DCT daripada otomatis 8spd. Ini pertama kalinya saya mengendarai mobil G8X M (sebelumnya mereka punya F8X). Kami diminta untuk menjauh dari trotoar karena ternyata G8x membengkokkan lebih banyak lengan kendali daripada mobil gen sebelumnya. Mobil terus bertambah berat.

M5 tampak lebih baik daripada terakhir kali saya ke sana. Sebelumnya, M5 akan kepanasan setelah 2 atau 3 putaran mengemudi keras dan masuk ke mode lemas. Saya tidak melihat masalah seperti itu kali ini. Namun, temps minggu ini jauh lebih sejuk dibandingkan ketika saya berada di sana pada November 2 tahun lalu. Knalpot di M5 sepertinya lebih keras dari knalpot di M5 CS saya. Saya memastikan bahwa itu hanya knalpot standar jadi saya tidak yakin mengapa suaranya sangat berbeda, tetapi letupan dan poni jauh lebih menonjol.

Semua M5 yang saya gunakan memang memiliki pemberitahuan bahwa pembaruan perangkat lunak sedang menunggu. Hanya mengatakan itu karena saya tahu orang-orang berkomentar tentang perangkat lunak baru yang membuat knalpot sedikit terbuka.

Menutup pikiran…

Pelajari sebanyak mungkin dari instruktur ini. Mereka adalah beberapa pengemudi paling berbakat yang pernah saya temui (dan saya telah melakukan lebih dari sekadar program mengemudi kinerja yang adil). Instruktur ini memimpin Anda di hot lap, mencapai setiap puncak dengan sempurna, saat mengemudi dalam mode otomatis melihat ke cermin mereka dan memberi Anda umpan balik di jalur Anda. Pikirkan tentang itu… mereka mengemudi dengan 1 tangan di kemudi dan terus-menerus melihat ke belakang… dan mereka tetap melakukan segalanya dengan sempurna.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk hadir, ambillah. Kamu tidak akan kecewa.