Pilihan Olahraga Untuk Jaga Kesehatan Anak dari SehatQ

Sejak dini anak-anak harus diajarkan bahwa punya gaya hidup sehat sangat baik untuk jaga kesehatan anak itu sendiri. Salah satu cara untuk jaga kesehatan si buah hati adalah dengan memilih olahraga yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuhnya. Bahkan olahraga bisa jadi sebuah lifestyle yang bisa diterapkan anak sampai dewasa.

Ada banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dikerjakan anak mulai dari olahraga yang ringan sampai yang berat juga ada, tergantung dari pilihan anak masing-masing. Sebab memang ada sebagian anak yang sangat antusias dengan banyak jenis olahraga ada juga yang memang tidak terlalu suka. Pastikan tetap mengajak anak untuk olahraga salah satunya dengan mempraktekkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa pilihan olahraga yang bisa dicoba oleh anak.

1. Berenang

Pilihan olahraga berenang ini cukup direkomendasikan karena anak-anak suka dengan air. Jika anak suka bermain air, maka sangat tepat untuk memilihkan olahraga renang apalagi bisa sekalian latihan otot dan juga latihan pernapasan.

Melakukan olahraga renang juga dapat membantu anak untuk atasi rasa takut misalnya dengan air dan kedalaman. Jika memiliki budget yang banyak, bahkan bisa mengikutkan anak kelas renang agar lebih mahir dan jika anak itu sendiri memang punya skill renang bisa diikutkan kompetisi berenang. Ikut kompetisi berenang juga bisa membuat anak jauh lebih percaya diri dan belajar berkompetisi sejak dini.

2. Bersepeda

Bagi anak yang terlalu enggan untuk belajar renang bisa memilihkan jenis olahraga yang cukup simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang yaitu naik sepeda. Apalagi sekarang olahraga sepeda banyak dilakukan oleh orang dewasa maka Anda sebagai orang tua bisa mengajak anak untuk bersepeda bersama keliling kompleks ataupun melakukan perjalanan ke rute lainnya.

Naik sepeda bisa melatih otot dan juga daya tahan tubuh serta melatih kesehatan jantung. Ajarkan juga pada anak aman berkendara sepeda.

3. Bela Diri

Pilihan olahraga lainnya yang bisa dicoba anak untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah olahraga beladiri. Di Indonesia ada banyak sekali pilihan olahraga beladiri yang sudah bisa diajarkan ke anak saat salah satunya taekwondo atau pencak silat.

Olahraga jenis ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan anak tapi juga membuat anak punya pertahanan diri untuk melindungi dirinya sendiri. Olahraga ini juga baik untuk melatih daya tahan tubuh, kelenturan serta koordinasi.

4. Sepak Bola

Sepak bola biasanya bisa diajarkan untuk anak laki-laki. Olahraga sepak bola sangat populer di kalangan anak-anak dan bisa dijadikan salah satu kegiatan ekstrakurikuler atau masuk klub bola. Olahraga satu ini membantu untuk melatih kekuatan otot, kelenturan hingga daya tahan tubuh dan menjaga berat badan anak.

Meski latihan sepak bola lebih banyak di ikuti oleh anak laki-laki namun anak perempuan juga boleh ikut sepak bola. Apalagi olahraga ini juga dapat melatih kekompakan dan jiwa kepemimpinan.

5. Bola Basket

Selain sepak bola juga bisa memilih olahraga bola basket. Olahraga bola basket juga dapat melatih tubuh anak seperti koordinasi, keseimbangan hingga daya tahan tubuh. Mengikuti olahraga bola basket juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan latihan kerjasama.

Itu tadi beberapa olah pilihan olahraga yang dapat membantu menjaga kesehatan anak dan membawa anak ke kehidupan yang lebih positif dengan pola hidup sehat. Ketika anak sakit tentunya para ibu khawatir dan akan memilihkan obat yang tepat dan terbaik. Mendapatkan obat yang tepat maka bisa memilihnya lewat toko obat SehatQ. Apotek online ini tidak hanya menyediakan obat-obatan lengkap tapi juga memperbolehkan Anda ikonsultasi terlebih dahulu terkait obat yang dipilih apakah sudah sesuai dan membantu memberikan dosis obat yang tepat.