Perlengkapan Uji Seri APEX G42 2: 19×9,5 ET25 persegi VS-5RS

Seperti yang sudah Anda ketahui, beberapa pelanggan G42 yang pemberani telah memilih untuk menjalankan roda persegi 19×9,5 ET25 kami sebagai perlengkapan yang dapat diputar secara agresif. Desain Stradale mendokumentasikan pengujian mereka atas penyiapan ini pada G42 mereka di utas berikut:

Meskipun ini adalah kesan awal yang fantastis tentang seperti apa fitment ini pada seri ke-2, kami juga selalu berencana untuk menguji penyiapan ini secara internal. Karena kami memerlukan pemindaian kaliper rem ZTK yang lebih besar untuk proyek lain, kami menggabungkan pengujian ini dengan kunjungan kantor yang juga digunakan untuk mengumpulkan data rem. Untunglah enome dapat mampir ke kantor kami dengan G42 yang dilengkapi ZTK untuk membantu perlengkapan pengujian ini. G42 stoknya yang lain adalah platform yang sempurna untuk menguji roda yang lebih lebar ini untuk dibandingkan dengan contoh Stradale yang diturunkan.

Semua fotografi pemotretan terakhir menampilkan spesifikasi berikut.

Spesifikasi G42:

Penangguhan & Penyelarasan: Saham

Spacer: Tidak ada

Roda: VS-5RS dalam Perunggu Satin

Depan belakang: 19×9,5 ET25

Ban: Falken Azenis RT660

Depan belakang: 265/35-19

Depan:

Secara keseluruhan fitment depan terlihat bagus, bahkan pada ketinggian stock ride dan dengan stock alignment. Kami akan membahas model bannya nanti, tetapi ini adalah salah satu opsi 265/35-19 yang lebih luas di pasaran. Pemasangannya agresif dan mungkin melampaui spatbor stok mobil non-ZTK, terutama dengan model ban yang lebih lebar. Ini adalah perlengkapan yang sangat rata yang bisa menjadi sangat penting jika Anda perlu menjalankan spacer. Poin bonus bagi mereka yang melihat F87 M2 CS Racing bersembunyi di latar belakang menunggu waktunya bersinar…

Suspensi Depan: Strut Clearance

Foto di atas menunjukkan jarak strut antara roda dan ban serta rakitan strut depan. RT660 yang lebar terletak sangat dekat dengan bodi penyangga. Tidak ada tanda saksi ban atau suara gesekan yang dicatat dengan perlengkapan ini selama pemotretan tetapi jika dikendarai secara agresif di trek atau jalan raya, spacer 3mm akan menjadi tambahan yang bagus untuk mencegah ban menyentuh penyangga saat dinding samping ban melentur dan berubah bentuk.

Di atas ban, terdapat ruang antara ban dan OE spring perch. Kit aftermarket coilovers atau HAS (height adjustable spring) yang membatasi jarak bebas bagian dalam karena tempat bertengger pegas yang lebih rendah yang terletak lebih jauh ke bawah daripada konfigurasi OE akan membutuhkan spacer depan yang lebih lebar (5-12mm) dan camber negatif tambahan untuk menjalankan pengaturan ini.

Jarak Bebas Rem Depan: ZTK dan Lainnya

Jarak antara kaliper ZTK depan dan jari-jari VS-5RS sangat ketat, tetapi jaraknya jelas tanpa masalah. Ada banyak jarak antara laras roda dan kaliper yang mana puing-puing jalan dan kerikil lebih cenderung duduk sebentar dan tersangkut di antara komponen. Secara keseluruhan jarak rem untuk rem ZTK 374mm dapat diterima dengan VS-5RS tetapi spacer depan 3mm akan membantu membangun kembali margin sisi bicara jika Anda khawatir tentang puing-puing jalan. Kami menguji desain roda VS-5RS dan SM-10 19×9.5 ET25 terhadap rem ZTK ini, rem depan “MSport” 348mm, dan rem dasar 230i bersama dengan semua rem belakang yang berlaku dan roda ini dibersihkan.

Belakang:

Perlengkapan belakang memiliki catatan keseluruhan yang lebih sedikit. Jarak bebas rem yang mudah dan banyak jarak dalam untuk roda-roda ini mengalihkan fokus kami ke jarak bebas spatbor di sekitar bagian atas ban. Secara keseluruhan perlengkapannya sekali lagi cukup rata terutama dengan ban RT660 yang lebar. Tidak ada gesekan yang dicatat selama testfit kami, tetapi mobil tidak dikendarai dengan keras. Kompresi suspensi yang ekstrem dan kelenturan ban di trek dapat menyebabkan spatbor bergesekan dengan ban yang lebih lebar yang dapat diputar keluar melalui penyetelan keselarasan. Flare ZTK membantu dengan sodokan visual tetapi tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi mobil yang tidak dimodifikasi.

Catatan Ban:

Falken RT660s adalah opsi ban performa ekstrim yang luar biasa yang bekerja dengan baik di trek. Mereka juga berlari cukup lebar. Per Rak Ban, RT660 dalam ukuran 265/35-19 yang dipamerkan di sini memiliki lebar 10,9” untuk lebar bagiannya yang umumnya merupakan titik terlebar dinding samping ban. Michelin Pilot Sport 4 dengan ukuran yang sama memiliki lebar bagian 10,6”. Saat bergerak lebih jauh ke patch kontak, RT660 memiliki lebar tapak 9,8 inci yang besar sedangkan PS4S memiliki lebar tapak 9,3 inci. Ini adalah bagian dari ban yang bersentuhan dengan jalan, tetapi juga merupakan bagian dari ban yang paling kami pedulikan dalam hal jarak suspensi dan spatbor karena bagian ban inilah yang paling dekat dengan titik nyeri ini. Kedua ban ini diukur pada roda selebar 9,5”.

RT660 lebih lebar di setiap titik tetapi sangat besar di tempat yang paling penting bagi kami. Ban Michelin sudah cukup lebar tetapi tidak mendekati RT660. Saya sering ditanya oleh pelanggan berapa ukuran ban yang saya rekomendasikan. Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena varian seperti ini dalam ukuran terdaftar yang sama oleh pabrikan yang mencoba menambah performa atau mengejar berbagai karakteristik. 265/35s masuk akal di sini untuk pengaturan kinerja lintasan tetapi sekali lagi lebar dan pemasangannya akan bervariasi tergantung pada ban yang Anda pilih.

Ukuran alternatif:

Sementara 265/30-19 dapat digunakan di depan dan belakang agar lebih mudah dipasang, ketersediaan model ban jauh lebih baik di 265/35-19. Pilihan ban track yang solid tersedia dalam ukuran ini menjadikannya pilihan yang jelas bagi seseorang yang melacak 2 seri mereka. 255/35-19 memiliki ketersediaan yang lebih baik daripada 265 meskipun sebagian besar ban dalam ukuran ini berorientasi jalan raya. Anda dapat menjalankan 255/35-19 untuk ban jalanan pada roda ini, tetapi jika Anda menginginkan pemasangan yang mudah dipasang dengan baut, 255/35-19 juga dapat dijalankan dengan pemasangan persegi 19×9 ET25 kami. Seperti biasa, perlengkapan tambahan dapat ditemukan di panduan kami di sini.

Going Lower + Track Alignment: Menampilkan Desain Stradale

Seperti yang sudah kami sebutkan, Stradale Design menjalankan pengaturan yang sama pada build G42 mereka seperti yang didokumentasikan di utas mereka. Pada titik ini, sebagian besar dari Anda pasti sudah melihat utas mereka, tetapi berikut adalah beberapa bidikan mobil mereka di atas roda ini dengan Falken RT660 diturunkan pada pegas MSS:

Begitu mereka memutar beberapa camber, roda ini terselip sedikit lebih banyak daripada yang dipamerkan di sini. Foto mendalam dapat ditemukan di utas mereka tetapi kami ingin memanfaatkan kesempatan langka ini untuk membandingkan dan membedakan mobil stok dengan mobil yang lebih rendah. Anda dapat melihat beberapa camber statis tambahan yang diperoleh hanya dengan menurunkan mobil saat bekerja membantu menyelipkan tepi atas ban meskipun jarak dari spatbor ke ban berkurang pada saat yang bersamaan.

Pelat camber aftermarket akan menjadi opsi terbaik untuk menambahkan camber negatif tambahan di depan dari perspektif pemasangan roda dan ban karena ini akan menarik bagian atas penyangga ke dalam dan meningkatkan jarak fender di tepi atas. Ketersediaan untuk pelat seperti ini kemungkinan kecil saat ini, tetapi karena mobil ini semakin tua, lebih banyak pilihan harus masuk ke pasar.

Pikiran Akhir:

Secara keseluruhan roda ini bekerja dengan sangat baik bahkan pada mobil stok. Ban musim panas berorientasi jalan yang lebih sempit atau semua musim pada dasarnya akan membuat semua aspek fitment sedikit lebih mudah bagi pelanggan jalanan yang mencari fitment persegi yang dapat diputar tetapi pengaturan ini benar-benar bersinar dengan ban track yang agresif. Kami telah mengerjakan dan membangun roda untuk sasis seri 1 dan 2 selama bertahun-tahun dengan seri E82 dan F2X 1 dan 2 dan sangat menyenangkan melihat perlengkapan G42 yang agresif mulai terbentuk. Pemilik saat ini mungkin tidak terlalu tertarik dengan perlengkapan yang memerlukan beberapa modifikasi, tetapi kami berharap utas ini membantu memberi siapa pun yang tertarik dengan perlengkapan persegi yang dapat diputar untuk trek pilihan baru yang bagus. Ini juga merupakan roda paling cekung yang tersedia untuk seri G42 2 di lini kami saat ini dengan profil muka yang sangat dalam.

Sementara utas ini memamerkan Forged VS-5RS kami, semua catatan yang sama berlaku untuk Flow Formed SM-10 kami serta memberi Anda banyak opsi pada titik harga yang berbeda. Saya telah menjadi penggemar berat roda Flow Formed kami untuk waktu yang lama dan meskipun roda tempa sangat bagus, jika Anda memerlukan beberapa set untuk mendukung program trek atau ingin menghemat biaya penangguhan atau HPDE, SM-10 adalah a pilihan bagus untuk anggaran berapa pun.

Bahkan jika Anda tidak mempertimbangkan roda APEX, kami harap etalase ini membantu dengan catatan tentang offset dan pemasangan pada G42. Jika Anda mempertimbangkan roda kami, kami telah menambahkan perlengkapan ini ke panduan kami dan kedua roda ini akan berjalan halaman belanja per kendaraan G42 kami segera.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sukarelawan kami enome untuk memberikan waktu Anda dan meminjamkan kami mobil Anda selama beberapa jam. Kami berharap dapat melihat Anda di roda APEX lagi segera. Terima kasih lainnya untuk Desain Stradale untuk mengambil satu set dan membiarkan kami menggunakan foto Anda.

Beri tahu kami pendapat Anda tentang perlengkapan ini dan jika Anda memiliki pertanyaan!

-Tom dan tim APEX

VS-5RS /// SM-10 /// Panduan Khusus Sasis