Ditengah-tengah situasi ekonomi global yang tertekan akibat beberapa konflik berkepanjangan tentunya akan berdampak juga pada situasi ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, sudah saatnya kita melakukan langkah-langkah strategis mulai dari rumah sendiri yaitu dengan berhemat uang bulanan. Apalagi lagi memasuki bulan Ramadan dimana kebutuhan biasanya malah meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk berhemat supaya momen Ramadan tetap bisa dinikmati secara khidmat? Berikut langkah-langkah cerdas yang bisa kamu lakukan.

Atur Anggaran Belanja dengan Cerdas

Buatlah dulu daftar kebutuhan atau daftar belanja pada saat Ramadan. Setelah itu pilah-pilah mana saja kebutuhan yang pokok dan keinginan. Utamakan hal yang prioritas terutama kebutuhan pokok seperti beras, lauk-pauk untuk buka puasa dan sahur. Jangan lupakan yang manis-manis alami agar lebih sehat seperti asupan buah-buahan lokal yang segar.

Manfaatkan promo Ramadan untuk belanja sehingga kamu bisa menghemat anggaran. Jika dirasa harga di pasar modern lebih mahal, jangan ragu untuk belanja di pasar tradisional. Malahan kamu bisa belanja lewat platform online agar bisa lebih murah serta gratis ongkir. Pertimbangkan untuk belanja dalam porsi besar atau grosiran asalkan awet sehingga potensi menghemat lebih besar dibandingkan belanja ketengan.

Masak Sendiri Lebih Hemat loh

Batasi membeli makanan siap saji atau jajan-jajan berlebihan pada saat Ramadan. Hal tersebut yang disebut dengan bocor halus. Karena sedikit demi sedikit tidak terasa justru pengeluaran akan makin banyak dari pembelian yang kecil-kecil tapi frekuensinya banyak.

Luangkan waktu untuk food preparation dalam satu hari untuk kebutuhan makan satu minggu ke depan. Sehingga makanan yang disediakan benar-benar terjaga gizi, kebersihan dan tentu sesuai dengan anggarannya. Kreasikan menu makanan supaya tidak bosan dan ada variasinya. Masak dalam porsi yang cukup sesuai dengan anggota keluarga di rumah. Jangan masak dalam porsi besar jika tidak segera habis karena bisa mubazir.

Jangan Lapar Mata Saat Berburu Takjil

Buat yang hidup masih di kosan apalagi membujang, usahakan jangan terlalu sering berburu takjil. Biasanya dalam kondisi lapar, keputusan belanja jadi tidak rasional. Wal hasil akan segala macam makanan dibeli hanya untuk berbuka namun tidak sesuai dengan porsinya.

Sesekali boleh saja berburu takjil namun sesuaikan dengan porsinya. Justru diutamakan saat berbuka tidak langsung makan berat apalagi makan dengan porsi yang terlalu banyak. Cukup dengan air putih dan tiga biji kurma saja seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Agar lebih hemat kamu bisa membuat takjil sendiri di rumah seperti kolak pisang, kolang-kaling, pisang ijo, es buah, es campur dan sebagainya.

Cara Berhemat Pengeluaran Lainnya

Supaya bisa menghemat pengeluaran kamu juga bisa memanfaatkan program buka puasa gratis di beberapa masjid raya atau masjid-masjid besar. Malahan biasanya kantor memberikan bujet untuk berbuka meskipun hanya sekedar camilan atau makanan ringan saja. Tapi, pasti akan membantu dari segi pengeluaran menjadi lebih hemat. Malah bisa jadi potensi untuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.

Langkah-langkah penghematan lainnya seperti mematikan lampu atau alat elektronik saat tidak digunakan. Memilih transportasi umum yang murah seperti Transjakarta hingga KRL.

Manfaatkan Aplikasi Kredit dengan Bijak

Pada saat Ramadan menjelang Lebaran apalagi jika melakukan mudik, pastikan kamu punya dana cadangan. Paling tidak kamu bisa memanfaatkan aplikasi kredit dari Kredivo untuk dana darurat yang bisa tarik kapan saja. Enaknya pakai Kredivo, pencairan instan langsung ke rekening yang didaftarkan. Cicilannya juga fleksibel hingga 6 bulan dengan bunga 2.6% per bulan. Khusus untuk pinjaman dana tunai akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman.

Namun, enaknya justru jika dipakai untuk belanja cicilan 3 bulan karena tidak perlu bayar bunga sama sekali. Cukup bayar biaya admin saja sebesar 3% dari harga barang. Hanya Kredivo yang punya fitur terbaik seperti itu.

By Harsaya