BMW Kembali ke Le Mans dengan BMW M Hybrid V8: Keterlibatan WEC mulai 2024

  • Mulai musim 2024, BMW M Hybrid V8 akan bersaing di FIA World Endurance Championship, serta seri IMSA.
  • Ini akan menandai pertama kalinya prototipe BMW M Motorsport ditantang untuk meraih kemenangan secara keseluruhan di Le Mans sejak BMW V12 LMR yang legendaris berjaya di sana 25 tahun lalu.
  • BMW M Hybrid V8 berhasil menyelesaikan peluncurannya pada Senin, 25 Juli, di Varano, dan sekarang memasuki fase pengujian intensif.

Munich, Jerman- 26 Juli 2022… BMW M Motorsport kembali ke FIA ​​World Endurance Championship (WEC) dan 24 Hours of Le Mans (FRA) pada tahun 2024. Satu tahun setelah musim debutnya di IMSA WeatherTech SportsCar Championship Amerika Utara pada tahun 2023, BMW M Hybrid V8 baru akan juga menghadapi lawan kelas atas dalam kategori Hypercars di Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA resmi. Pada hari Senin, 25 Juli, prototipe BMW M Motorsport pertama sejak BMW V12 LMR yang legendaris menyelesaikan putaran pertamanya pada peluncuran di Varano de Melegari (ITA).

“Keputusan untuk menjalankan BMW M Hybrid V8 di seri IMSA mulai tahun 2023, dan WEC mulai tahun 2024, merupakan tonggak sejarah untuk proyek tersebut,” kata Franciscus van Meel, CEO BMW M GmbH. “Saya mencicipi dan mengagumi bakat luar biasa dari 24 Hours of Le Mans selama masa jabatan pertama saya sebagai CEO BMW M, jadi saya sangat bersemangat untuk menantang kemenangan keseluruhan sebagai BMW M Motorsport lagi di klasik ini dan di seluruh World Endurance. Kejuaraan untuk pertama kalinya selama beberapa dekade. BMW M Hybrid V8 mewakili titik balik menuju elektrifikasi untuk BMW M. Seri IMSA di Amerika Utara dan WEC, yang berlangsung di seluruh dunia, adalah platform yang sempurna untuk menggunakan prototipe kami untuk menunjukkan betapa menariknya BMW berlistrik. M mobil akan ada di masa depan.”

Andreas Roos, Head of BMW M Motorsport, mengatakan: “Karena jadwal yang sangat ketat untuk proyek LMDh, rencananya selalu fokus pada satu bidang aplikasi di musim pertama tahun 2023. Seri IMSA sangat cocok untuk ini. . Namun, tujuan jangka menengah kami jelas untuk balapan di dua front dengan BMW M Hybrid V8, dan juga menggunakan platform utama yang disediakan oleh WEC dan 24 Hours of Le Mans. Kami sekarang bekerja dengan tekad untuk ini, pada saat yang sama dengan program kami di Amerika Utara. Kami mengambil langkah penting berikutnya pada hari Senin. Mobil itu berhasil menyelesaikan peluncurannya di Dallara di Varano de Melegari. Kami sekarang memulai pekerjaan tes intensif sebelum debut balapan pada Januari 2023 di Daytona.”

BMW M Hybrid V8 tidak hanya menggunakan lintasan uji Dallara untuk uji fungsional pertamanya, tetapi juga menghabiskan beberapa hari di lintasan di sana minggu ini. BMW M bekerja driver Connor De Phillippi (AS) dan Sheldon van der Linde (RSA) bergantian di kemudi. “Merupakan suatu kehormatan dan kesenangan untuk menyelesaikan putaran pertama BMW M Hybrid V8”, kata De Phillippi setelah peluncuran Senin. “Ini adalah hari bersejarah bagi BMW M Motorsport dalam proyek LMDh. Selangkah demi selangkah kami melewati semua fungsi mobil dan di penghujung hari kami mampu melakukan beberapa putaran dengan tenaga hampir penuh, yang merupakan hasil yang baik untuk roll-out. Terima kasih banyak untuk semua orang yang bekerja sangat keras untuk proyek ini di BMW M Motorsport, BMW M Team RLL, BMW M Team RMG dan Dallara!”

Lebih banyak tes Eropa dijadwalkan untuk Agustus sebelum BMW M Team RLL dan kru ahli BMW M Motorsport memulai persiapan khusus IMSA dengan pengujian di AS mulai September. Selama fase pengujian, banyak pengemudi BMW M bekerja akan berada di belakang kemudi. Siapa yang menempati kokpit untuk musim IMSA 2023 akan ditentukan kemudian. Begitu juga dengan tim operasional WEC dan pembalap musim 2024.

Tahun berikutnya, BMW M Motorsport kembali ke Le Mans dengan prototipe untuk pertama kalinya sejak 1999. Saat itu, Joachim Winkelhock (GER), Pierluigi Martini (ITA) dan Yannick Dalmas (FRA) meraih kemenangan keseluruhan setelah 24 jam balapan. di BMW V12 LMR. Di tahun yang sama, mobil tersebut juga berjaya di 12 Hours of Sebring (USA), di mana penerusnya, BMW M Hybrid V8, akan berkompetisi pada 2023.