Bagaimana Cara Bisa Mendapatkan Sertifikasi Digital Marketing?

Digital marketing nyatanya menjadi salah satu ilmu yang banyak dipelajari anak muda saat ini, apalagi bagi yang sadar bahwa ada banyak prospek menjanjikan untuk mereka yang punya keahlian di bidang tersebut. Baik itu jika Anda ingin bekerja di sebuah perusahaan besar, maupun jika ingin membuka bisnis sendiri, nantinya ilmu tersebut akan sangat terpakai. Hanya saja memang sekedar bisa digital marketing membuat Anda tak lantas langsung mendapatkan pengakuan, paling tidak harus lulus sertifikasi digital marketing terlebih dahulu.

Program sertifikasi ini sendiri tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, yaitu merupakan sebuah program penilaian, dimana ia dilakukan oleh lembaga yang sudah terpercaya, sertifikasi yang dikeluarkan nantinya dapat dijadikan sebagai bekal ketika ingin menggaet client atau bahkan bagi Anda yang ingin melamar kerja di dalam sebuah perusahaan. Maka hal ini akan menjadi nilai plus untuk Anda dibandingkan dengan kandidat yang lain. Potensi untuk bisa menerima gaji dengan nilai yang besar juga tinggi.

Lalu sebenarnya siapa sajakah yang membutuhkan sertifikasi digital marketing ini? berikut yang patut diketahui, yaitu:

  1. Seseorang yang bekerja sebagai digital marketer, tentunya yang pertama adalah Anda yang memang bekerja dalam sebuah perusahaan atau di luar perusahaan sebagai seorang digital marketer, karena bagaimanapun hal ini sudah termasuk kedalam keahlian yang Anda miliki, sehingga harus terus dikembangkan agar lebih baik.
  2. Memiliki hobby di bidang digital marketing, namun mungkin bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini bukan sebagai digital marketer, maka bisa ikut sertifikasi, sehingga nantinya Anda dapat mencari pekerjaan yang lebih relevan.
  3. Telah bekerja sebagai digital marketer dalam sebuah perusahaan, namun Anda punya gaji yang kurang, bahkan mungkin tidak sesuai dengan kapasitas pekerjaan yang dijalankan selama ini, sehingga bisa ikut sertifikasi agar bisa mendapatkan gaji lebih.
  4. Punya bisnis sendiri yang bergerak di bidang digital marketing, tentunya jika belum tersertifikasi orang akan ragu untuk memakai jasa Anda. Namun ketika sudah mendapatkan sertifikasi bisa digunakan untuk menarik lebih banyak klien, bahkan mungkin menaikkan tarif juga.

Lalu sebenarnya bagaimana cara untuk bisa mendapatkan sertifikasi tersebut? berikut ini yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Paling tidak harus memiliki dasar ilmu tentang digital marketing terlebih dahulu, tentunya Anda tidak akan bisa mengikuti tes yang diberikan, jika seandainya belum ada basic sama sekali di bidang yang satu. Apalagi sebenarnya ilmu terkait dengan digital marketing ini sendiri bukanlah sesuatu yang cukup hanya dengan dibaca serta dihafalkan, melainkan harus benar-benar didalami. Sehingga nantinya bisa lebih ahli.
  2. Pilih lembaga untuk sertifikasinya, di Indonesia lembaga yang menawarkan layanan atau program untuk sertifikasi ini juga ada begitu banyak. Namun penting sekali bagi Anda sebagai konsumen harus cerdas dalam memilih. Karena jika seandainya berbicara mengenai kualitas, memang tidak semuanya dikenal punya kualitas yang bagus, harus selektif dalam pilah-pilih, carilah yang berpengalaman dan telah diakui.
  3. Mengikuti ujian sertifikasinya dengan baik, nantinya akan dijadwalkan kapan program ujian tersebut akan dilangsungkan. Sehingga sebelum itu penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu, diantaranya adalah dengan banyak belajar. Mencoba beberapa latihan soal atau jika perlu bisa ikut kursus terlebih dahulu. Wajib untuk diketahui bahwa selain ilmu bacaan atau hafalan, sebenarnya yang lebih utama disini adalah tentang pengalaman Anda, ini akan sangat berguna untuk mengikuti ujian sertifikasi ini. Persiapkan diri Anda secara matang kemudian ikuti ujiannya sesuai dengan jadwal yang diberikan. Jika Anda lulus artinya memang sudah memenuhi kelayakan, sehingga keahlian dan juga kompetensinya akan diakui.

Tak perlu ragu menginvestasikan penghasilan yang Anda dapatkan untuk mengikuti sertifikasi digital marketing, karena kedepannya dengan lulus sertifikasi maka akan lebih banyak hal lainnya yang justru akan didapatkan. Pastikan juga untuk memilih lembaga yang tepat agar nantinya dapat diakui seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI. Lembaga pelatihan serta sertifikasi berpengalaman dan juga telah diakui di Indonesia, pengalaman mereka telah lebih dari 30 tahun.